Phobia Teraneh: Coitophobia


Phobia adalah rasa ketakutan kuat (berlebihan) terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk ngejauhin sesuatu yang ditakuti itu.Bedanya sama rasa takut biasa adalah, hal yang ditakuti sebenarnya nggak menyeramkan untuk sebagain besar orang. Phobia terjadi karena adanya faktor biologis di dalam tubuh, seperti meningkatnya aliran darah dan metabolisme di otak. Bisa juga karena ada sesuatu yang nggak normal di struktur otak. Tapi kebanyakan psikolog setuju, phobia lebih sering disebabkan oleh kejadian traumatis.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan di mana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya.

Seseorang yang pertumbuhan mentalnya mengalami fiksasi akan memiliki kesulitan emosi (mental blocks) dikemudian harinya. Hal tersebut dikarenakan orang tersebut tidak memiliki saluran pelepasan emosi (katarsis) yang tepat. Setiap kali orang tersebut berinteraksi dengan sumber Fobia secara otomatis akan merasa cemas dan agar "nyaman" maka cara yang paling mudah dan cepat adalah dengan cara "mundur kembali"/regresi kepada keadaan fiksasi. Kecemasan yang tidak diatasi seawal mungkin berpotensi menimbulkan akumulasi emosi negatif yang secara terus menerus ditekan kembali ke bawah sadar (represi). Pola respon negatif tersebut dapat berkembang terhadap subjek subjek fobia lainnya dan intensitasnya semakin meningkat. Walaupun terlihat sepele, “pola” respon tersebut akan dipakai terus menerus untuk merespon masalah lainnya. Itu sebabnya seseorang penderita fobia menjadi semakin rentan dan semakin tidak produktif. Fobia merupakan salah satu dari jenis jenis hambatan sukses lainnya.


Coitophobia

Apasih yang di maksud dengan hubungan seksual? Apa tujuannya dari hubungan seksual? Kenapa membahas tentang hubungan seksual?

Persetubuhan atau hubungan seksual artinya secara prinsip adalah tindakan sanggama yang dilakukan oleh manusia. Akan tetapi dalam arti yang lebih luas juga merujuk pada tindakan-tindakan lain yang sehubungan atau menggantikan tindakan sanggama, jadi lebih dari sekadar merujuk pada pertemuan antar alat kelamin lelaki dan perempuan.

Tujuan dari hubungan seksual ada banyak. Mulai dari untuk memiliki keturunan, alasan kesehatan, menurunkan stress hingga mendapatkan kenikmatan duniawi. Kenapa saya membahas topik ini? Sebab saya akan menjelaskan phobia seks yang bernama coitophobia. Hah masa ada phobia seks sih? Ya buat kita yang normal mungkin ini seperti lelucon namun ini nyata.


Di antara semua jenis phobia yang menyangkut kehidupan seksual, Coitophobia bisa jadi yang paling fatal dialami seseorang. Phobia ini adalah ketakutan untuk berhubungan ιntιm. Seseorang, baik pria maupun wanita yang mengalami phobia ini tidak menyadari bahwa hubungan seksual merupakan kebutuhan biologis manusia dengan tujuan untuk meneruskan keturunan. Faktor utama dari timbulnya phobia ini adalah trauma akibat kekerasan seksual atau pemahaman yang sangat minim mengenai seks. Penyebab utama phobia ini adalah pernah diperkosa atau pernah mendapat pelecehan seksual dan lainnya. Pasca tindak penyiksaan dan kekerasan seksual baik fisik dan mental, tidak heran bakal terjadi perubahan secara psikologis pada diri seseorang.

Meski benar bahwa tidak semua korban perkosaan memberi reaksi yang sama, namun benar juga bahwa sindrom yang muncul setelah perkosaan dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang secara keseluruhan, bahkan dalam artian yang sangat negatif. Butuh waktu beberapa bulan hingga tahunan bagi seseorang untuk dapat pulih dari trauma pasca-perkosaan.

Gejala yang dialami oleh penderita jenis ini, biasanya mereka merasa panik, teror, dan takut. Gejala lainnya adalah peningkatan kecepatan denyut jantung, sesak napas, gemetar, gelisah, berkeringat, dan menghindari orang lain. 


Phobia ini sangat tidak baik jika dibiarkan. Walaupun sangat sedikit dan sangat jarang tetap harus ditangani dengan baik. Apalagi belakangan ini banyak kasus pemerkosaan terhadap wanita. Untuk mencegah ini diperlukan pendidikan seks yang baik dan benar. Kita tidak boleh malu untuk berbicara mengenai seks namun dalam konteks dan maksud yang benar. orang Indonesia terutama para remaja masih sangat malu apa bila berbicara mengenai seks. Hal ini menyebabkan pengetahuan yang sangat minim dan tidak berkembang. Rasa ingin tahu yang sangat besar di masa remaja mereka menjadi tidak tersalurkan. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya pemerkosaan dengan memanfaatkan rasa ingin tahu yang besar itu. 

Pembelajaran mengenai seks juga dapat menghilangkan rasa takut akan hubungan seksual. Sehingga phobia ini dapat tercegah. Banyak orang terutama wanita masih takut untuk melakukan hubungan seksual karena tidak tahu mengenai seks. Untuk itulah diperlukannya pengajaran mengenai hubungan seksual.

Pengawasan dari keluarga khusunya orang tua tidak kalah pentingnya. Tidak jarang orang tua saat ini memberikan kebebasan terhadap anak-anaknya. Apabila laki-laki mungkin tidak terlalu berbahaya sebab mereka masih bisa membela diri. Namun jika wanita itu dapat berakibat fatal. Sebab para pelaku pemerkosaan sudah mengincar wanita dimalam hari. Untuk itu orang tua harus memberikan pengawasan terhadap anak-anak mereka.

Untuk pengobatan dari phobia ini dapat dilakukan dengan pergi ke psikolog atau dengan bantuan moral dari orang orang sekitar. Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan pendidikan seksual dini serta pengawasan dari keluarga serta orang-orang terdekat. Jangan sampai ini terjadi dan baru kita menyesal. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan pembelajaran untuk kita semua. Mohon maaf atas segala kekurangannya:D


Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Fobia
https://id.wikipedia.org/wiki/Persetubuhan
http://www.definisikata.com/phobia.html
http://terselubung.in/12-macam-phobia-seks/
http://artiadalah.com/site_artiadalah.xhtml?get-id=111


Phobia Teraneh: Coitophobia Phobia Teraneh: Coitophobia Reviewed by Fachry Hidayat on May 20, 2016 Rating: 5

No comments:

Business

aaaaa
Powered by Blogger.