Perbedaan Budaya Barat dan Budaya Timur


Apa itu kebudayaan?
Kata "kebudayaan berasal dari (bahasa Sanskerta) yaitu "buddayah" yang merupakan bentuk jamak dari kata "budhi" yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai "hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal".
Pengertian Kebudayaan secara umum adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Budaya Barat
Budaya barat adalah budaya yang memiliki sifat bebas dan berorientasi pada pemahaman ilmu pengetahuan. Budaya barat berkembang pada negara Amerika, benua Eropa, dan beberapa negara timur yang terdapat pada benua Australia. Kebudayaan barat berawal dari negara-negara yang berada di kawasan eropa barat, namun seiring berjalannya waktu terjadi asimilasi dengan berbagai negara sehingga budaya itu dapat ditemukan di luar benua eropa barat.
Perbedaan yang sangat terlihat antara budaya barat dan timur terletak pada etika moral yang berlaku, kekuatan adat istiadat dalam kehidupan sehari hari dan cara menyelesaikan suatu masalah. Dalam budaya barat mereka menganut etika moral yang bebas. Hal ini sangat terlihat dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Dalam cara berpakaian mereka cenderung bebas. Hal ini disebabkan oleh prinsip mereka bahwa setiap orang memiliki kebebasan berekspresi dalam pakaian dan penampilan, baik terbuka maupun tertutup. Mereka tak pernah malu akan pakaian yang dikenakan. Pembatasan dalam hal pergaulan tidak begitu ketat, pergaulan bebas bukan hal yang memalukan bagi mereka.
Perbedaan yang sangat terasa tentu adalah teknologi yang sudah sangat maju di negara-negara barat dunia. Baik dalam transportasi, infrastruktur, industri dan masih banyak lagi. Dengan maju nya teknologi tentu akan mempersingkat waktu. Ini berkaitan dengan prinsip yang dianut oleh orang-orang barat yaitu “Time is money” sehingga mereka benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik.

Budaya Timur
Budaya timur adalah kebudayaan yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara melakukan berbagai macam pelatihan fisik dan mental. Kebudayaan timur yang dimaksud disini adalah sebuah kebudayaan diluar kebudayaan orang-orang eropa barat (bangsa eropa barat dan jajahannya).  Kebudayaan timur muncul sebagai pembeda dari negara-negara yang pernah dijajah oleh bangsa eropa barat. Oleh karena itu munculah sebuah istilah barat dan timur.
Budaya timur mempunyai etika moral dan adat istiadat yang lebih ketat, namun dalam penyelesaian masalah sedikit lebih rumit. Di negara timur masih banyak negara yang menjunjung tinggi adat istiadat. Adat istiadat dibersanding dengan hukum negara.
Dalam menyelesaikan masalah, penganut budaya timur lebih berbelit-belit atau tidak langsung to the point. Mereka cenderung tertutup dalam masalahnya. Penganut budaya ketimuran tidak menyukai pergaulan yang terlalu bebas dan merusak moral, namun mereka termasuk golongan masyarakat yang ramah dan gemar gotong royong. Di Indonesia sendiri sangat lekat dengan masyarakat dengan sifat gotong royong. Ini merupakan salah satu ciri khas masyarakat timur. Kebersamaan merupakan hal yang paling utama.
Penganut budaya ketimuran sering terlena dengan waktu, tak dimanfaatkan dengan baik. Kemajuan teknologi tergolong sedikit lambat dan kurang merata, begitu juga ketersediaan fasilitas publik yang masih terbatas untuk beberapa kalangan saja. Sehingga negara di kawasan timur sulit berkembang dengan cepat layaknya negara barat.

Kesimpulan
Budaya timur maupun barat memang saling berseberangan satu sama lain. Namun keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan, jadi tidak bisa menentukan mana budaya yang lebih baik. Walaupun budaya barat sering dipandang negatif oleh penganut budaya ketimuran, namun ternyata budaya barat lebih unggul di sektor teknologi. Begitu pula dengan budaya timur yang sering dipandang kaku oleh penganut budaya kebaratan, namun ternyata budaya timur lebih unggul dalam hal moral, sopan santun dan adat istiadat.
Baik atau buruknya suatu budaya ditentukan tempat dimana kita tumbuh dan berkembang. Perbedaan masing masing budaya ada berdasarkan cara pembinaannya. Budaya timur bedasarkan kesadaran fisik dan mental sedangkan budaya barat berdasarkan ilmu pengetahuan.

Dengan adanya perbedaan budaya ini seharusnya kita tidak boleh melakukan diskriminasi namun kita harus saling menghormati dan menghargai. Kita juga dapat belajar dari perbedaan yang ada. Dan sebagai warga Indonesia yang menganut budaya timur, kita pasti merasakan jika sekarang ini mulai banyak kebudayaan barat yang masuk. Nah, disini kita harus bisa selektif. Sudah seharusnya kita mengambil nilai yang positif dan menolak yang negatif. Jangan sampai kita kehilangan identitas diri kita sebagai bangsa timur yang terkenal akan keramahannya.
Perbedaan Budaya Barat dan Budaya Timur Perbedaan Budaya Barat dan Budaya Timur Reviewed by Fachry Hidayat on March 15, 2016 Rating: 5

No comments:

Business

aaaaa
Powered by Blogger.