Pengertian, Manfaat, Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar
Information
Technology Service Management
(ITSM) atau manajemen layanan sistem
informasi merupakan pengelolaan sistem teknologi informasi (IT) yang didasarkan
kebutuhan konsumen atau pemakai yang berkaitan dengan bisnis suatu perusahaan. Manajemen
layanan sistem informasi merupakan peraduan dari manusia, teknologi, proses dan
informasi.
Berbeda
dengan manajemen sistem informasi yang berpusat pada teknologi atau kebutuhan
suatu perusahaan, manajemen layanan sistem informasi lebih fokus terhadapt
sudut pandang konsumen. Perusahaan harus memperhatikan bagaimana kualitas
pelayanan mereka dan bagaimana interaksi dengan konsumen.
Manajemen
layanan sistem informasi adalah proses yang terfokus serta memiliki hubungan
dan kepentingan dalam perbaikan proses (misalnya, TQM, Six Sigma, manajemen
bisnis proses, CMMI) kerangka kerja dan metodologi dalam sebuah
organisasi.
Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen
layanan sistem informasi dapat kita anggap sebagai jembatan antara perusahaan
dengan konsumen. Manajemen layanan sistem informasi tidak hanya memerikan
manfaat kepada konsumen saja, tetapi perusahaan juga merasakan manfaatnya.
Berikut ini adalah manfaat dari manajemen layanan sistem informasi:
- Aksesbilitas menjadi lebih cepat sehingga waktu yang digunakan tidak terlalu lama karena tidak membutuhkan peranan sistem informasi.
- Tingkat keakuratan data sangat meningkat terutama dalam proses pembangunannya serta pembuatannya sehingga menjadi lebih jelas.
- Menjamin tersedianya kualitas serta keterampilan untuk penggunaan sistem informasi.
- Kebutuhan-kebutuhan untuk pendukung sistem informasi yang terampil mudah diidentifikasi.
- Meningkatkan efisiensi perusahaan.
- Perusahaan lebih mudah mendapatkan informasi dari konsumen.
- Memberikan inovasi baru bagi perusahaan.
- Proses perencanaan dapat ditingkatkan secara efektif.
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Peranan
manajemen layanan informasi sangat banyak sekali di lingkungan sekitar.
Manajemen memiliki peranan yang sangat vital dalam kegiatan operasional suatu
perusahaan. Sedangkan sistem informasi memberikan layanan data dalam mendukung
keputusan manajemen dalam perusahaan. Sistem informasi sangat membantu manajemen
dalam mengambil keputusan.
Sistem
informasi manajemen memiliki peranan dalam mengambil keputusan manajemen suatu
perusahaan dengan bantuan berbagai jenis sistem informasi yang ada di dalamnya.
Sedangkan manajemen layanan informasi memiliki peranan sebagai jembatan antara
perusahaan dengan konsumen sehingga perusahaan memiliki informasi yang ada
diluar perusahaan yang dapat meningkatkan perencanaan strategi.
Pengertian, Manfaat, Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar
Reviewed by Fachry Hidayat
on
March 20, 2017
Rating:
No comments: