Biografi Sri Mulyani

Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati Lebih terkenal dengan sapaan Sri Mulyani, wanita cerdas ini saat ini menjadi Derektur Pelaksana Bank Dunia. Beliau adalah wanita Asia pertama yang bisa menduduki jabatan bergengsi ini.
Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010. Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Begitu, dia berkantor di Kantor Bank Dunia, dia praktis meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan. Tiga Jabatan Menteri yang di sandangnya itu baru pertama kali dipimpin perempuan.

Sri Mulyani adalah Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia. Setelah menyelesaikan S1 pada tahun 1986, beliau melanjutkan pendidikannya di University of Illionis Urbana Champaign, USA dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics pada tahun 1990. Kemudian berlanjut mendapatkan gelar Ph.D.of Economics di Universitas yang sama pada tahun 1992.

Sri Mulyani dilahirkan pada tanggal 26 Agustus 1962 di Bandar Lampung. Namanya melambung saat menjabat sebagai menteri Keuangan Indonesia ke 26. Namanya juga sempat dikaitkan dengan kasus Bank Century, namun entahlah benar atau salah, yang pasti jika memang beliau bukanlah orang yang memiliki integritas tinggi tentu tidak diangkat oleh Bank Dunia menjadi direktur pelaksana.

Komentar dan analisisnya kritis, lugas, jernih dan populer. Ia primadona panggung seminar dan talk show di televisi kala itu. Selain sering muncul di seminar-seminar, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI) ini juga sempat aktif menjadi penasihat pemerintah bersama sejumlah ekonom terkemuka lain dalam wadah Dewan Ekonomi Nasional (DEN) pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid. Ia pernah menjabat Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998. 

Pada 5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar. Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Kepribadiannya yang lugas dan cerdas, telah mengantarkannya kepada pergaulan yang sangat luas. Ia disenangi banyak orang di dalam dan luar negeri. Tak heran bila pada awal Oktober 2002 lalu ia terpilih menjadi Executive Director Dana Moneter Internasional (IMF) mewakili 12 negara di Asia Tenggara (South East Asia/SEA Group), menggantikan Dono Iskandar Djojosubroto. Dia menjadi  perempuan pertama dari Indonesia menduduki posisi itu.

Perihal rencana Indonesia menghentikan kontrak dengan IMF akhir 2003, ia mengatakan semua negara ingin segera terlepas dari program IMF, karena itu berarti negara itu sudah sehat dan mampu berjalan mandiri dan mampu mendapatkan kepercayaan internasional dalam pengelolaan ekonominya.

Namun, katanya, bila keputusan itu sudah dilakukan secara politik dan tidak melalui proses kalkulasi teknis yang teliti dan hati-hati, artinya Indonesia harus kerja ekstra keras untuk bisa menghindari situasi yang tidak baik pada tahun 2003.

Tentang filosofi hidup, ia mengatakan hidup hanya sementara. Maka kalau bisa ia hanya ingin melakukan yang terbaik dan memberikan yang terbaik kepada bangsa, negara, agama dan keluarga. Serta ingin menikmati hidup bahagia, damai dengan diri sendiri dan sekitarnya.

Semoga biografi di atas dapat menambah pegetahuan dan menjadi inspirasi kita semua. Ibu Sri Mulyani memperlihatkan dengan kerja keras dan pengorbanan dapat mewujudkan cita cita kita. Semoga bermanfaat:D

Sumber: http://www.tokohindonesia.com/biografi/article/285-ensiklopedi/3791-pemimpin-berpotensi-jadi-presiden

Copyright © tokohindonesia.com

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sri_Mulyani_Indrawati

Sumber: http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id/2013/09/biografi-sri-mulyani.html

Sumber: http://profil.merdeka.com/indonesia/s/sri-mulyani-indrawati/
Biografi Sri Mulyani Biografi Sri Mulyani Reviewed by Fachry Hidayat on May 17, 2016 Rating: 5

No comments:

Business

aaaaa
Powered by Blogger.