Aplikasi Kecerdasan Buatan Di Bidang Pendidikan
Kecerdasan Buatan Pada Aplikasi Kursus
Kecerdasan
Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan yang memungkinkan suatu mesin
untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara seperti seorang manusia. Hal
Ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan kebiasaan atau kecerdasan manusia
dengan algoritma komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel
dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi
bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI tidak hanya dapat
diaplikasikan dalam Ilmu Komputer saja, akan tetapi juga terkait erat dengan
bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan
yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi
kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Banyak sekolah-sekolah yang sudah menggunakan kecerdesan buatan. Salah
satunya adalah sebuah kursus akuntansi di UMass Lowell menggunakan buku teks
online melalui software praktik.
Berikut
hal-hal yang bisa AI di kursus akuntansi lakukan di bidang pendidikan:
Pembelajaran yang lebih cerdas
Pembelajaran
dengan AI adalah pembelajaran yang lebih personal terhadap siswa. Dengan metode
pembelajaran yang lebih personal dapat meningkatkan fokus siswa. AI dapat
mengetahui kebutuhan siswa dan memberikan solusi pembelajaran yang tepat. AI
akan mempelajari kelebihan dan kekurangan serta minat dari setiap siswa yang
diajarnya.
Contohnya
adalah seorang siswa sangat menyukai olahraga, maka contoh dan analogi yang
digunakan adalah seputar olahraga. Dengan begitu siswa akan lebih paham dengan
contoh yang diberikan.
Identifikasi bila siswa tak mengerti
Kecerdasan
AI bisa mengidentifikasi konsep seperti apa yang tidak dipahami oleh siswa.
Sehingga nantinya AI bisa melakukan penyesuaian untuk menemukan cara baru dalam
membantu pembelajaran siswa.
Blackboard,
salah satu alat di bidang pendidikan kini banyak digunakan perguruan tinggi.
Sebuah platform online ini digunakan para profesor untuk merilis catatan,
pekerjaan rumah, kuis, dan tes, dan memungkinkan siswa mengajukan pertanyaan
dan tugas untuk penilaian. Alat ini juga bisa mengidentifikasi alasan di balik
ketidak pahaman siswa.
Menilai tugas
AI
memiliki kemampuan untuk menilai hasil kerja siswa berupa pilihan ganda dan
jawaban singkat. Di masa yang akan datang AI tentu dapat memberkan nilai
terhadap tugas dalam bentuk essai serta bentuk lainnya. Oleh sebab itu guru
tidak harus menilai satu-satu tugas siswa yang memakan waktu lama. Dengan ini
guru lebih terfokus pada pengajaran dan komunikasi terhadap siswa secara personal.
Manfaat
lain dari program AI yaitu menilai kedua pilihan ganda dan pertanyaan dengan
jawaban singkat. Ke depannya, AI juga bisa menilai pertanyaan esai. Oleh sebab
itu, para guru tidak perlu lagi menghabiskan waktu mengerjakan tugas menilai
setiap jam karena guru dapat lebih berkonsentrasi pada pengajaran dan interaksi
satu lawan satu saja. Siswa juga mendapat hasil nilai langsung melalui AI.
Referensi
Aplikasi Kecerdasan Buatan Di Bidang Pendidikan
Reviewed by Fachry Hidayat
on
October 11, 2017
Rating:
No comments: