Aplikasi Kecerdasan Buatan Di Bidang Pendidikan


Kecerdasan Buatan Pada Aplikasi Kursus


Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan yang memungkinkan suatu mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara seperti seorang manusia. Hal Ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan kebiasaan atau kecerdasan manusia dengan algoritma komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI tidak hanya dapat diaplikasikan dalam Ilmu Komputer saja, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua  bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Banyak sekolah-sekolah  yang sudah menggunakan kecerdesan buatan. Salah satunya adalah sebuah kursus akuntansi di UMass Lowell menggunakan buku teks online melalui software praktik.
Berikut hal-hal yang bisa AI di kursus akuntansi lakukan di bidang pendidikan:

Pembelajaran yang lebih cerdas

Pembelajaran dengan AI adalah pembelajaran yang lebih personal terhadap siswa. Dengan metode pembelajaran yang lebih personal dapat meningkatkan fokus siswa. AI dapat mengetahui kebutuhan siswa dan memberikan solusi pembelajaran yang tepat. AI akan mempelajari kelebihan dan kekurangan serta minat dari setiap siswa yang diajarnya.
Contohnya adalah seorang siswa sangat menyukai olahraga, maka contoh dan analogi yang digunakan adalah seputar olahraga. Dengan begitu siswa akan lebih paham dengan contoh yang diberikan.

Identifikasi bila siswa tak mengerti

Kecerdasan AI bisa mengidentifikasi konsep seperti apa yang tidak dipahami oleh siswa. Sehingga nantinya AI bisa melakukan penyesuaian untuk menemukan cara baru dalam membantu pembelajaran siswa.

Blackboard, salah satu alat di bidang pendidikan kini banyak digunakan perguruan tinggi. Sebuah platform online ini digunakan para profesor untuk merilis catatan, pekerjaan rumah, kuis, dan tes, dan memungkinkan siswa mengajukan pertanyaan dan tugas untuk penilaian. Alat ini juga bisa mengidentifikasi alasan di balik ketidak pahaman siswa.

Menilai tugas

AI memiliki kemampuan untuk menilai hasil kerja siswa berupa pilihan ganda dan jawaban singkat. Di masa yang akan datang AI tentu dapat memberkan nilai terhadap tugas dalam bentuk essai serta bentuk lainnya. Oleh sebab itu guru tidak harus menilai satu-satu tugas siswa yang memakan waktu lama. Dengan ini guru lebih terfokus pada pengajaran dan komunikasi terhadap siswa  secara personal.

Manfaat lain dari program AI yaitu menilai kedua pilihan ganda dan pertanyaan dengan jawaban singkat. Ke depannya, AI juga bisa menilai pertanyaan esai. Oleh sebab itu, para guru tidak perlu lagi menghabiskan waktu mengerjakan tugas menilai setiap jam karena guru dapat lebih berkonsentrasi pada pengajaran dan interaksi satu lawan satu saja. Siswa juga mendapat hasil nilai langsung melalui AI.

Referensi

Aplikasi Kecerdasan Buatan Di Bidang Pendidikan Aplikasi Kecerdasan Buatan Di Bidang Pendidikan Reviewed by Fachry Hidayat on October 11, 2017 Rating: 5

No comments:

Business

aaaaa
Powered by Blogger.