Pemetaan Masalah Sosial di Wilayah Kemayoran



PEMETAAN MASALAH SOSIAL DI WILAYAH KEMAYORAN





Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dosen Pembimbing: EDI FAKHRI, SS., M.SOS


Disusun Oleh:
Fachry Hidayat (12115334)
1KA21





FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA

2016




BAB I 
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia memiliki ibu kota Jakarta. Seluruh kegiatan pemerintahan dan pembangunan sangat terpusat di Jakarta. Tidak heran jika banyak masyarakat dari luar Jakarta berdatangan ke Jakarta. Seiring berjalannya waktu jumlah masyarakat pendatang menjadi semakin banyak. Kita dapat melihat hal itu dari kemacetan dan sangat sulitnya lahan pekerjaan dan tempat tinggal. Karena banyak nya masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda, maka permasalahan sosial adalah hal yang biasa di kota ini. Hal tersebut jelas bisa menumbuhkan rasa perbedaan yang dapat menimbulkan pesaingan dan kebencian. Untuk itu disini  kita akan memetakan permasalahan sosial di radius sekitar dengan memberikan solusinya bermulai dari diri sendiri dan pemerintah.


1.2 Tujuan

a. Untuk mengetahui kondisi di sekitar
b. Untuk mengetahui kondisi sosial masyarakat

BAB II 
PEMBAHASAN

2.1 Isi

Masalah Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Masalah sosial dipandang oleh sejumlah orang dalam masyarakat sebagai sesuatu kondisi yang tidak diharapkan. Definisi masalah sosial yaitu keditak sesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial.
Kemayoran adalah daerah yang sangat luas dan terdapat banyak etnis. Etnis tersebut adalah Chinese, Afrika dan pribumi. Pribumi masih mendominasi di wilayah ini. Penghasilan mereka kebanyakan berdagang. 
Permasalah sosial disini juga cukup banyak yaitu:
a. Kemisikinan 

Kemiskinan masih sangat banyak di Kemayoran. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengangguran. Banyaknya premanisme dan tukang parkir yang selalu ada didepan toko toko retail. Masih banyaknya warga yang menghabiskan waktu dengan percuma. Pola pikir masyarakat di sini merupakan salah satu faktor penyebab utama.

b. Narkotika
Banyaknya etnis Afrika ternyata menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah narkotika. Mereka sering mengkonsumsi barang haram tersebut. Hal ini memiliki dampak negatif yang sangat besar terhadap masyarakat sekitar. Selain menggagu masyarakat sekitar, ini juga menyebabkan masyarakat menjadi pengkonsumsi benda haam tersebut. Hal ini juga memberikan dampak yang tidak baik bagi anak-anak yang ada di lingkungan sekitar. Mereka mungkin akan memiliki rasa penasaran dan mecobanya.

c. Kesenjangan sosial ekonomi

Karena terdapat banyak jenis masyarakat sudah  pasti terdapat berbagai macam permasalahan sosial. Dapat berupa pencemaran lingkungan, pengangguran, kenakalan remaja, perilaku menyimpang dan masih banyak lagi. Karena terdiri dari berbagai jenis masyarakat sudah pasti terdiri dari berbagai status masyarakat. Terdapat orang kaya, miskin dan menengah. Di lingkungan Kemayoran masyarakat yang kaya sering menutup diri terhadap masyarakat yang lainnya. Jarang melakukan interaksi, jarang keluar rumah bahkan tidak membantu kerja bakti merupakan contoh dari kesenjangan ekonomi. Contoh-contoh tersebut menimbulkan adanya kelompok-kelompok tertentu di masyarakat. Hal ini dapat menghilangkan simpati dan toleransi serta sikap gotong royong dalam masyarakat.

BAB III 
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Sangat banyak permasalahan sosial di wilayah Kemayoran. Permasalahan ini terjadi sudah sangat lama. Pemerintah harus melakukan banyak pembenahan terhadap masalah-masalah sosial ini. Namun bukan berarti masyarakat tidak ikut melakukan pembenahan. Apa artinya jika hanya pemerintah yang melakukan pembenahan namun masyarakat tidak mendukung dan melakukan perubahan itu sendiri. Untuk melakukan perbaikan di masyarakat bisa dimulai dari diri sendiri misalnya, sering bertegur sapa dengan tetangga ataupun membuang sampah pada tempatnya.

Pemetaan Masalah Sosial di Wilayah Kemayoran Pemetaan Masalah Sosial di Wilayah Kemayoran Reviewed by Fachry Hidayat on January 28, 2016 Rating: 5

No comments:

Business

aaaaa
Powered by Blogger.