Pengertian SEO, SEM, SMM dan SMO
SEO
SEO (Search Engine Optimization)
adalah cara yang dilakukan sesorang agar web nya berada di posisi atas di mesin
pencarian atau search engine. Jadi
ketika seseorang searching di google
atau search engine lainnya maka web
atau blog kita berada pada posisi pertama atau halaman pertama. Kenapa sih
harus berada paling atas?
Lha ya jelas lah semakin atas websitenya semakin
banyak pengunjungnya. Coba kalo kalian searching di google, pasti yang diliat
halaman 1 doang. Jarang yang browsing
sampe halaman 2 apalagi 3 kan. Oleh karena itu makanya ada yang melakukan SEO.
Keuntungan yang didapat dengan melakukan SEO adalah :
- Mendatangkan traffic yang banyak
- Meningkatkan Penjualan
- Meningkatkan daya saing
SEM
SEM (Search Engine
Marketing) adalah cara yang digunakan untuk memasarkan atau mengiklankan
website kita kepada pihak yang menyediakan jada periklanan tersebut. Jenis
pemasaran iklan sangat bergam, bisa berupa gambar, animasi, tulisan dan masih
banyak lagi. SEM yang sedang terkenal sekarang adalah google Adwords. Ketika
kita mengetikan sesuatu pada search
engine google maka aka nada beberapa website yang diiklankan dan letaknya
berada paling atas.
Secara tingkatan, SEM lenih unggul dibandingkan dengan SEO.
Sistem pembayaran yang digunakan oleh SEM adal PPC (Pay Per Click) atau Pay Per
Impression.
SMM
SMM (Social Media
Marketing) adalah penggunaan social media sebagai media marketing untuk
mempromosikan suatu produk atau jasa. Kita sudah memasuki era social media
shingga penggunaan social edia sudah sangat lumrah dan sangat efektif untuk
marketing.
Perbedaan SMM dengan SEO ataupun SMO adalah SMM menggunakan
konten berbayar. Kita beriklan di social media. Untuk mengoptimalkan social
media tentu kita harus mencari target pasar terlebih dahulu sehingga kita tidak
kesulitan dalam mengatur social media kita. Semakin luar jangkauan area SMM
semakin besar dampak yang diberikan terhadap website dan produk.
Para pelaku bisnis online sering memilih SMM karena murah,
mudah dan lebih efektif dan efisien. Dampak lainnya adalah meningkatkan
pemasaran produk. Dengan semakin banyaknya pengguna social media tentu
kemungkinan suatu produk dilihat oleh orang menjadi tinggi.
SMO
SMO (Social Media
Optimizing) adalah teknik yang dilakukan menggunakan social media untuk
meningkatkan traffic dari website dengan cara meningkatkan profile serta
mempublikasikan konten yang hendak kita sebarkan sehingga traffic ke website kita menjadi meningkat. Teknik SMO ini biasanya
gratis. Tidak memerlukan biaya karena kita tidak membeli layanan jasa dari pihak
lain. Kita dapat membagikan konten kita melalui tombol share di akun media social kita. Kemudahan akses dan kepraktisan
menjadi nilai lebih SMO disbanding dengan teknik lainnya. Dengan smartphone
kita tinggal share dalam waktu kurang dari satu menit.
http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.html
Pengertian SEO, SEM, SMM dan SMO
Reviewed by Fachry Hidayat
on
November 23, 2016
Rating:
No comments: